Inilah Tiga Kunci Untuk Tingkatkan Daya Saing

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menegaskan ada tiga faktor yang harus diperkuat untuk meningkatkan daya saing menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Ketiga faktor tersebut adalah peningkatan sumber daya manusia, akses pembiayaan murah dan kualitas produksi.

"Ketiga faktor tersebut merupakan kunci untuk meningkatkan daya saing dalam menghadapi pasar bebas, terutama MEA," kata Puspayoga saat memberikan sambutan pada pembukaan Musrenbang Provinsi Sumatera Utara, di Medan, Jumat (2/4/2016).

Musrenbang juga dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan para bupati/walikota se-Sumut. Dia menegaskan peningkatan daya saing juga sekaligus sebagai penguatan pasar domestik. Sehingga pasar domestik tidak banyak dibanjiri produk asing.

Menkop menjelaskan persoalan ketiga faktor tersebut, rendahnya kualitas SDM, pembiayaan masih mahal dan kualitas produk masih rendah menjadi concern Kementerian agar segara dapat diatasi. Dalam peningkatan SDM, kementerian memberikan berbagai pelatihan, pemagangan bagi pelaku usaha maupun wirausaha pemula.

"Untuk membuka akses pembiayaan murah, pemerintah menurunkan bunga KUR menjadi 9% per tahun dan bunga LPDB 0,2% per bulan. Bunga LPDB adalah yang terkeil di dunia. Skema ini memberi ruang lebih mudah bagi usaha mikro dan kecil yang selama ini sulit mengakses pembiayaan," tegas Puspayoga. Selain itu, dalam peningkatan kualitas produk, kementerian memberikan bantuan pelatihan dan memfasilitasi akses pasar baru. (Sumber: ekonomiinilah.com)
 
Minima 4 coloum Blogger Template by Beloon-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template